Terbaru

Pentingnya Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Kehidupan Generasi Milenial


Oleh:  Yanti nur iman Gulo

Prodi  : Pendidikan Fisika (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)


Menurut Muhammad Yamin Pancasila berasal dari kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti sendi, asas, dasar, atau pengaturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikian pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik. Sedangkan Nilai-nilai pancasila adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan. Pancasila adalah pedoman hidup dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Pancasila sebagai way of life berarti nilai Pancasila sebagai pedoman hidup sehari-hari.

Menurut Yoswahandy generasi milenial merupakan generasi yang kelahirannya rentang waktu awal tahun 1980 dan 2000. generasi ini disebut juga sebagai Gen-Y, Net Generation Dengan disebut sebagai generasi milenial di karenakan generasi ini merupakan pergantian milenium yang dimana secara bersamaan dengan adanya sebuah teknologi digital yang dimana telah masuk dalam kehidupan manusia. Generasi milenial ini sebagai generasi yang lahir di antara tahun 1980-2000 dengan pertamakalinya kemajuan teknologi yang pesat.

Jadi Nilai pancasila harus ditanamkan kepada generasi muda sejak dini dikarenakan sangatlah penting agar mengetahui bagaimana menjadi generasi yang baik, bertanggung jawab, selalu menerapkam nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan maupun nilai kerakyatan. Seiring berjalannya waktu di kehidupan saat ini sudah nampak bahwa nilai-nilai pancasila yang terkandung didalam jati diri bangsa telah luntur, bahkan generasi milenial pun sudah tidak menerapkan nilai-nilai pancasila didalam kehidupan sehari-harinya. Adapun didalam sila ke tiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia.” Salah satu contohnya yaitu:

1. Menikmati kecanggihan Teknologi.

salah satu yang mendominasi perubahan sikap manusia yaitu dengan adanya IPTEK yang berkembang pesat di negara Indonesia, dalam perkembangan zaman. Perkembangan ini tidak terlepas dari sebuah nilai budaya dan agama, dengan adanya budaya luar yang mulai masuk dan mengakibatkan generasi milenial pun telah mengikuti tren yang ada didalam budaya luar tersebut, sehingga kemajuan perkembangan ini mengakibatkan  budaya di Indonesia mulai hilang. Maka dari itu pentingnya menerapkan Nilai-nilai pancasila supaya dapat mempertahankan budaya bagi setiap orang terutama bagi Generasi milenial. 

2. Masuknya Budaya Luar

Generasi milenial di era globalisasi terhadap pemahaman nilai pancasila sangatlah rendah, dengan demikian generasi saat ini harus ditingkatkan dalam pemahaman nilai pancasila dan ideologi, yang menjadi poko utama menyimpangnya generasi milenial dengan masuknya budaya luar, sehigga generasi milenial mulai mengikuti gaya hidup orang luar. Baik dari segi pakaian yang tidak sesuai, segi makanan, dan segi kebiasaan dalam berbicara. sehingga mengakibatkanya hal-hal yang negatif, generasi milenial semakin meninggalkan budaya-budaya luhurnya yang pada akhirnya menjerumus kepergaulan bebas sehingga meninggalkan nilai-nilai pancasila yang terkandung didalam Negara.

Oleh karena itu dalam menerapkan Nilai-nilai pancasila dikehidupan sehari-hari terutama bagi generasi milenial, bahwa nilai pancasila dapat dijadikan nilai pegangan dalam mengatur sikap dan juga tingkah laku manusia. Adapun jika tidak mengamalkan dan mengabaikan nilai-nilai pancasila maka akan berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari, maka dari itu harus tetap menjaga pancasila serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.*


IDENTITAS PENULIS:

Nam : Yanti Nur Iman Gulo

Tempat tanggal lahir : Sisobahili Silawalawa, 04 juli 2003

Alamat : Desa : Sisobahili Siwalawa

               Kecamatan : Hilisalawa'ahe

               Kabupaten : Nias Selatan

Prodi : Pendidikan Fisika (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang) 

Iklan

Loading...
loading...
 border=