Terbaru

DPRD Desak Pemko Gunungsitoli Serius Antisipasi Virus ASF

GUNUNGSITOLI, – DPRD Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) serius mengantisipasi penularan dan penyebaran virus African Swine Fever (ASF) pada ternak babi.

Demikian disampaikan Ketua Komisi ll DPRD Kota Gunungsitoli, Yan Raradodo Gea, di ruang kerjanya Jalan Gomo, Kelurahan Pasar Gunungsitoli, Kecamatan Gunungsitoli, Jumat (2/12/2022).

Yan menyebut, bahwa belakangan pengiriman hewan babi tanpa kelengkapan dokumen dari luar daerah ke Kota Gunungsitoli semakin marak. Hal tersebut karena lemahnya pengawasan pihak terkait.

“DPRD mendesak Pemda lebih maksimal mengawasi keluar masuknya hewan babi ke Kota Gunungsitoli. Karena salah satu pembawa virus ASF adalah hewan babi yang berasal dari luar daerah”, kata Yan kepada wartawan.

Menurutnya, meski sempat diatasi namun belakangan virus ASF kembali menjangkit di Kota Gunungsitoli. Wajar kemudian membuat sebagian besar masyarakat yang berternak babi mulai resah.

“Saat ini, virus ASF kembali menyerang ternak babi milik masyarakat di Kecamatan Gunungsitoli Utara. Ada yang mati, dan masih dalam kondisi sakit. Pemerintah harus segera mengambil sikap, jangan banyak diam”, tegas Yan. (Red)


Iklan

Loading...
 border=