Terbaru

BPOM Medan Lakukan Survei Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya di Pasar Nou Gunungsitoli


Gunungsitoli,- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Medan bersama dengan Dinas Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kota Gunungsitoli melaksanakan survei pasar aman dari bahan berbahaya di Kota Gunungsitoli. Survei dilaksanakan di Pasar Nou Kota Gunungsitoli, Senin (13/03/2023).

Kepala Dinas Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kota Gunungsitoli Yurisman Telaumbanua menjelaskan bahwa Pasar Aman Berbasis Komunitas merupakan salah satu dari 3 program prioritas nasional terkait keamanan pangan yang dilaksanakan oleh Balai Besar POM di Medan pada tahun 2023. 

"Survei ini untuk mengetahui potensi pasar serta kondisi sebelum intervensi/pre intervensi terlebih dahulu dilakukan survei pasar," ujarnya

Dalam survei pasar selain mendata potensi pasar terkait ada tidaknya peredaran bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan juga dilakukan pengambilan sampel pangan untuk dilakukan pengujian 4 macam bahan berbahaya tersebut yaitu boraks, formalin,rhodamin b dan methanyl yellow. 

"Sampel yang diambil sebanyak delapan dengan jenis antara lain mie basah, kue basah, ikan segar, bakso,kerupuk berwarna warni, ikan dencis, dan tahu dan. Seluruh sampel berdasarkan hasil uji tidak mengandung bahan berbahaya," tambahnya. (Red)

Iklan

Loading...
 border=