Terbaru

8 Kelebihan Jualan Online, Pangsa Pasar Lebih Luas


Foto jualan online |Foto: Ilustrasi mediator.id

Ada banyak alasan kenapa saat ini banyak orang menjalankan bisnis online. Selain karena sangat fleksibel untuk dijalankan, masih banyak alasan lain yang membuat kamu harus mencoba memulai jualan online

Ada banyak kelebihan yang akan kamu dapatkan saat jualan online, diantaranya yaitu :

1. Tidak Mengenal Ruang dan Waktu

Saat berjualan online, kamu jadi memiliki jaringan pemasaran atau jangkauan pasar yang tak terbatas. Hanya dengan bermodalkan internet saja, online shop kamu sudah dapat diakses oleh pembeli di luar negeri. Online shop ini memang sangat praktis karena tidak membutuhkan waktu jam buka tutup toko. Sehingga pelanggan bisa berkunjung kapanpun mereka mau. 

2. Tidak Membutuhkan Banyak Modal

Modal sering kali menjadi alasan yang membuat seseorang mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis. Namun saat memutuskan ingin jualan online, kamu tidak perlu menyewa tempat atau ruko. Kamu bisa menyimpan stok barang di rumah sendiri. Bahkan, di beberapa jenis jualan online sama sekali tidak membutuhkan tempat seperti dropshipper. 

Selain itu, promosi jualan online pun cenderung jauh lebih murah. Kamu tidak perlu promosi di baliho, media cetak, atau televisi yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Dengan berjualan online, kamu jadi bisa promosi menggunakan akun social media secara gratis. Media sosial saat ini menjadi media promosi yang paling efektif. 

3. Berpotensi Mendapatkan Pelanggan Baru Dengan Mudah

Salah satu tujuan berjualan online adalah bisa mendapatkan pelanggan baru dengan mudah. Kamu bisa memperbanyak promo dengan menggunakan ads di media sosial, atau bisa juga berkolaborasi dengan influencer. Namun, kamu harus pastikan tampilan dan konten kamu di media sosial juga menarik untuk dikunjungi. 

4. Hemat Biaya Operasional

Keuntungan selanjutnya dari menjalankan jualan online adalah bisa menghemat biaya operasional. Dalam bisnis online tidak dibutuhkan biaya pemasaran dan sewa tempat. Nah, dengan tidak adanya sewa tempat, maka berarti tidak ada juga biaya listrik, biaya perawatan, dan biaya air tambahan yang harus dikeluarkan. Sehingga kamu bisa menggunakan biaya tersebut untuk mencukupi kebutuhan lainnya. 

5. Produk Mudah Ditemukan

Kamu bisa memajang varian produk yang dijual di website atau media sosial, sehingga pembeli bisa menemukan toko kamu dengan mudah. Mereka hanya tinggal menuliskan nama toko kamu di kolom pencarian. Pastikan website kamu mudah diakses dan akun bisnis di media sosial tidak private. 

6. Pangsa Pasar Yang Luas

Jualan online membuat toko kamu bisa dikunjungi oleh siapapun. Tidak ada batasanya wilayah, sehigga membuat kamu bisa mendapat lebih banyak pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, bisa saja kamu mendapatkan calon pembeli yang berasal dari mancanegara. 

Dengan adanya jualan online, pembeli jadi bisa menghemat waktu perjalanan menuju toko kamu karena toko mudah diakses kapanpun dan dimanapun selama ada koneksi internet. 

7. Fleksibel

Jualan online pun sangat fleksibel untuk dilakukan, karena kamu bisa menjalankannya dari berbagai belahan dunia selama tersedia jaringan internet dan laptop. Kamu bisa mengatur jam buka dan tutup toko dengan bebas, bahkan hingga selama 24 jam. 

8. Membuka Lapangan Pekerjaan

Dengan membuka bisnis online, maka kamu sudah turut berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja bagi yang membutuhkan. Saat baru memulainya, kamu mungkin akan mengelola semuanya sendiri.

Namun, seiring dengan semakin berkembangnya bisnis yang kamu jalankan dan makin banyaknya jumlah pelanggan, maka kamu akan membutuhkan karyawan untuk membantu kamu mengurus pekerjaan – pekerjaan lainnya. 

Iklan

Loading...
 border=