Terbaru

Diskominfo Kota Gunungsitoli Fasilitasi Pemanfaatan Cloud Pemerintah Menjadi File

Gunungsitoli,- Dinas Kominfo Kota Gunungsitoli melaksanakan fasilitasi pemanfaatan cloud pemerintah menjadi media penyimpanan dokumen elektronik (file) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Kamis (15/06/2023).

Sejak tahun 2020 Dinas Kominfo telah mengembangkan dan memanfaatkan sistem cloud on-premise dengan platform open source sebagai media penyimpan data secara internal. 

Setelah berjalan beberapa tahun, dirasakan bahwa sistem ini sudah mulai dapat diterapkan juga ke OPD yang lain.

Menggunakan teknologi ini, penyimpanan file-file kantor menjadi terpusat di server khusus sehingga file lebih mudah di-backup, lebih mudah diakses, tidak membebani PC, tidak hilang apabila PC terganggu, dapat diakses secara online dan melalui smart device (android/iphone), serta memiliki riwayat perubahan.

Diharapkan nantinya, dengan memanfaatkan sistem cloud, Dinas PMPTSP juga dapat merasakan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi cloud pemerintah, hingga meningkatkan efektivitas kerja dalam melaksanakan urusan pemerintahan di bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan. (Red/rls)

Iklan

Loading...
 border=