Terbaru

Disparbud Gunungsitoli Gelar Peningkatan Peran Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata

Gunungsitoli,- Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli, menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata pada hari Kamis, 9 November 2023 bertempat di Objek Wisata Gua Tögindrawa, Desa Lölöwönu Niko'otanö, Kecamatan Gunungsitoli. 

Dengan mengangkat Tema "Meningkatkan Peran Masyarakat Lokal Dalam Pembangunan dan Pengembangan Pariwisata", kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan para pelaku pariwisata dalam satu wadah kegiatan sehingga terjalin silaturahmi dan kerjasama yang positif. 

Para peserta yang berjumlah 30 orang, terdiri dari unsur masyarakat di Lokasi Objek Wisata Tögindrawa, Perwakilan dari 3 Desa Wisata yang sudah ditetapkan melalui SK Wali Kota Gunungsitoli, para pelaku usaha travel wisata, pelaku ekonomi kreatif/umkm, dan komunitas pecinta alam di Kota Gunungsitoli. 

Dalam sambutannya, Sekretaris Camat Kota Gunungsitoli; Reka Gulö, SH., MH menyampaikan pentingnya keterlibatan dari masyarakat lokal dalam pengembangan objek wisata di wilayahnya masing-masing. Ini penting agar keberadaan objek wisata yang sudah ada dan mendapatkan intervensi pembangunan dari pemerintah, dapat terkelola dengan baik dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakatnya. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli, Tema'aro Telaumbanua, SH dalam arahannya mengharapkan agar kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh peserta dengan baik dan menyerap setiap informasi yang dipaparkan oleh narasumber agar menjadi bekal dalam pengelolaan objek wisata maupun produk-produk pendukungnya. 

Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan ini yaitu:

1. Peranan Pemerintah Dalam Pengembangan Pemasaran Pariwisata di Kota Gunungsitoli, disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli. 

2. Peran Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Pariwisata, disampaikan oleh Herwil Junaidi Harefa, SE., MM. 

3. Pengenalan Peralatan Aktifitas Alam Bebas, disampaikan oleh Rudolf Telaumbanua. 



Iklan

Loading...
 border=