Terbaru

PT. MPIJ Gelar Uji Kompetensi Kepada Petugas Pelayanan Teknik di PLN Selama 6 Hari


Gunungsitoli,- Puluhan Petugas Pelayanan Teknik Di PT. PLN UP3 Nias mengikuti Uji Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan yang digelar oleh PT. Multi Pilar Indah Jaya bekerjasama dengan PT. Sertifikasi Kompetensi Mandiri. Uji kompetensi itu dilaksanakan di SMAN 1 Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Senin (13/11/2023).

Panitia uji kompetensi dari PT. MPIJ, Friaman Gea pada laporannya menyampaikan bahwa uji kompetensi itu digelar sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan pasal Pasal 44 ayat 6 bahwa setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi.

"Hal itu menjadi dasar kita untuk melakukan uji kompetensi kepada puluhan tenaga teknik ketenagalistrikan khususnya yang bertugas di wilayah kerja PT. PLN UP3 Nias," ujarnya.

Kegiatan sertifikasi yang diadakan selama enam hari itu dipercayakan PT. Sertifikasi Kompetensi Mandiri yang datang dari luar daerah.

"Kegiatan uji kompetensi ini didasari akan pentingnya sertifikasi kompetensi didunia kerja untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khsus yang bertugas di PLN Nias," ujarnya.


Pelaksanaan uji Kompetensi itu dilaksanakan dalam 3 tahap yang dimulai dari tanggal 13 sampai 18 November 2023.

Sementara itu, dalam arahanya, manager PT. PLN UP3 Nias, Revi aldrian mengatakan bahwa Petugas Pelayanan Teknik Di PLN UP3 Nias wajib memiliki Skil dan knowledge. 

"Kedua hal ini menjadi hal penting dalam pekerjaan bapak ibu sebagai petugas pelayanan teknik di PLN Nias.  Jadi, jika teman-teman sekalian dianggap profesional, maka milikilah skill dan knowledge. Kedua hal ini harus berjalan bersamaan," ujar Revi.

Menurut dia, dengan pelaksanakan uji kompetensi tersebut, petugas teknik tidak hanya dianggap bisa, namun juga benar.

"Harapan kami, peserta uji kompetensi ini dapat nilai kompeten dari tim assesor, " harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Multi Pilar Indah Jaya, Kristian dalam sambutannya pada pembukaan acara uji Kompetensi itu mengatakan bahwa melalui kerja sama yang dijalin dengan PT. Sertifikasi Kompetensi Mandiri itu diharapkan menjadi opsi yang dipilih sehingga kapasitas dan aksesibilitas petugas pelayanan teknik kelistrikan di PT. PLN UP3 Nias dapat menjamin terlaksananya kegiatan yang profesional dan berkualitas dilapangan.

Selama kegiatan berlangsung, asesmen yang dilaksanakan oleh asesor dari PT. Sertifikasi Kompetensi Mandiri akan menguji melalui tahapan sertifikasi, yaitu uji tulis, uji praktik, dan wawancara.

Dengan mengoperasikan langsung kompetensi di tempat uji, para peserta uji atau asesi diharapkan memperoleh pengalaman langsung dan nyata sesuai dengan bidang pekerjaan yang menjadi objek sertifikasi.

Pembukaan acara uji Kompetensi itu turut dihadiri oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli yang dihadiri oleh Kepala Dinas PUTR, Ekuator Daeli dan seluruh peserta uji Kompetensi mulai dari Kota Gunungsitoli, Nias Barat, Nias Barat, Nias, Nias Selatan dan Pulau Tello. (BG)

Iklan

Loading...
 border=