Terbaru

Mantapkan Tahapan Pemilu, KPU Gusit Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Ketua KPU Kota Gunungsitoli, Kardinal P. Mendrofa (Tengah)
Foto : Ferry Harefa 

Gunungsitoli, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli melaksanakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara sebagai bagian tahapan penyelenggaraan pemilihan umum di Kota Gunungsitoli. Saat ini kegiatan simulasi tersebut dilaksanakan TPS I Dusun I Desa Tuhegeo I Gunungsitoli Idanoi, Rabu (24/01/2024).

Simulasi tersebut dihadiri langsung oleh ketua KPU Kota Gunungsitoli, Kardinal P. Mendrofa bersama dengan komisioner KPU lainnya dan sekretariat.

Dalam keterangannya, Ketua KPU Kota Gunungsitoli, Kardinal P. Mendrofa menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tidaklanjut dari Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Juga sebagai tidaklanjut dari Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 25 Tahun 2023 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu Tahun 2024, Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor : 37/PL.01.8-SD/05/2024 tanggal 6 Januari 2024 perihal Pelaksanaan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara" tutur Kardinal.

Kardinal juga menegaskan bahwa pemilihan umum dilaksanakan pada tanggal 14 Februari tahun 2024 dimulai pukul 07.00 wib tepat secara menyeluruh sesuai tahapan pemilihan.

"Dan pada saat simulasi pagi ini, teman-teman PPK, PPS dan unsur lainnya sudah bekerja sesuai waktu dan tahapan yakni dimulai pukul 07.00 wib dan pengambilan sumpah KPPS sudah dilaksanakan tepat waktu pula," ungkap Kardinal mengapresiasi.

Tampak pada saat itu, para pemilih diarahkan untuk dapat membedakan surat suara berdasarkan warna sehingga dapat mempermudah warga mengetahui bagian yang dipilih berdasarkan tingkatan.

Warga saat simulasi memilih 

Adapun warna surat suara dimaksud adalah :

1. Warna Hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota
2. Warna Biru Untuk DPRD Provinsi
3. Warna Kuning untuk DPR RI
4. Warna Merah untuk DPD RI
5. Warna Abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden.

Untuk diketahui bahwa, pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan di Desa Dahana Tabaloho Kecamatan Gunungsitoli.

Terlihat pada pelaksanaan kegiatan simulasi tersebut, warga sangat antusias mengikuti. PPK se-kota Gunungsitoli, Komisioner Bawaslu Kota Gunungsitoli, Panwaslu Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, PPS Desa Tuhegeo I, Mewakili Pemerintah Kota Gunungsitoli, Mewakili Kapolres Nias, awak media juga ikut menyaksikan pelaksanaan simulasi tersebut. (Ferry Harefa).

Iklan

Loading...
 border=