Terbaru

PLN UP3 Nias Himbau Pelanggan Manfaatkan Fitur di PLN Mobile


Nias,- PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias senantiasa berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Salah satunya adalah kemudahan pelanggan untuk mengecek dan menghitung tagihan listrik setiap bulan melalui aplikasi PLN Mobile secara akurat dan akuntabel. 

Melalui fitur catat meter “SwaCam”, pelanggan PLN pascabayar dapat melakukan pencatatan angka meter secara mandiri dalam periode yang sudah ditentukan. Sehingga, pelanggan dapat mengetahui perkiraan pemakaian listrik setiap bulannya sebelum tagihan rekening Listrik resmi keluar, serta dapat mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan. 

Manajer PLN UP3 Nias, Revi Aldrian menjelaskan bahwa  catat meter mandiri menjadi solusi yang sangat tepat untuk pelanggan PLN dalam mengkontrol pemakaian listrik bulanan secara mandiri serta memastikan pemakaian listrik dalam rekening sesuai (01/04/2024). 


Pencatatan meter mandiri bisa dilakukan pelanggan periode tanggan tanggal 23 hingga tanggal 27 setiap bulannya, setelah itu akan muncul estimasi biaya tagihan listrik bulan berikutnya.

"Fitur catat meter (SwaCam) ini memberikan peluang bagi pelanggan untuk secara mandiri menyampaikan angka akhir pemakaian listrik pada bulan tersebut sehingga kecurigaan dan juga kecurangan penetapan angka pemakaian listrik dapat diminimalisir”, ujar Revi. 

Ia menambahkan bahwa selain fitur “SwaCam”, PLN Mobile juga menyediakan berbagai fitur lainnya mulai dari pasang baru, perubahan daya, keluhan dan pengaduan gangguan, pembayaran rekening Listrik, pembelian token listrik, layanan pemasangan Iconnet (Internet)

“Bahkan kita bisa membeli barang UMKM yang khas dibeberapa daerah melalui Marketplace PLN Mobile,”  tegas Revi.

Oleh sebab itu ia mengajak para pelanggan PLN di Kepulauan Nias untuk segera mengunduh melalui Appstore dan Playstore. Melalui aplikasi PLN Mobile segala informasi dan kebutuhan kelistrikan dapat diakses dalam satu genggaman kapanpun dan dimanapun.

Adapun tahapan cara penggunaan fitur catat meter mandiri melalui fitur SwaCam bagi pelanggan yang belum mengetahui adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi PLN Mobile

2. Pilih menu catat meter

3. Klik mulai SwaCam 

4. Foto angka stand meter pada kWh meter 

5. Pilih nomor ID pelanggan

6. Masukkan angka stand meter

7. Klik kirim

Setelah melakukan langkah di atas, perkiraan tagihan rekening listrik juga akan muncul. Kemudian, tagihan listrik akan keluar pada awal bulan berikutnya. Pelanggan dapat memanfaatkan fitur Token & Pembayaran untuk melakukan pembayaran listrik, baik prabayar maupun pascabayar. Dengan catatan gadget pelanggan terhubung dengan akun mobile banking dan dompet digital. (Red)

Iklan

Loading...
 border=