Terbaru

PLN UP3 Nias Perkuat Kerjasama Praktek Kerja Industri dengan SMKN 1 Dharmacaraka Gunungsitol


Gunungsitoli,- Dalam rangka menyemarakkan bulan pendidikan, PT PLN (Persero) UP3 Nias melakukan kegiatan penandatangan nota kesepahaman bersama kegiatan praktek kerja industri dengan pihak SMKN1 Dharmacaraka Gunungsitoli pada Selasa, 07 Mei 2024. Bertempat di ruangan rapat sebaguna PLN UP3 Nias, kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Dharmacaraka Gunungsitoli Drs. Agusman Ghea beserta staff SMKN 1 Dharmacaraka Gunungsitoli. Sebelumya, SMKN 1 Dharmacaraka merupakan salah satu SMK unggulan di kepulauan Nias dan telah bekerjasama dengan PLN UP3 Nias.

Pada sambutannya Revi Aldrian selaku Manager PLN UP3 Nias mengatakan bahwa PLN mendukung penuh kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kepulauan Nias melalui praktek kerja industri. Dirinya berharap kegiatan ini menjadi aktivitas pengenalan awal tentang kegiatan bisnis operasional PLN UP3 Nias kepada lingkungan akademis di Kepulauan Nias.

“Sebagai gambaran cukup luas jangkauan layanan kami mulai dari Nias Utara sampai sebaran pulau-pulau terkecil seperti Pulau Tello, Tanah Massa dan Tanah Bala di Nias Selatan”, ujar Revi Aldrian dihadapan peserta kegiatan tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa ini adalah kali pertama dirinya bertemu dengan salah satu stakeholder akademis di Nias. Oleh sebabnya ia menegaskan bahwa manajemen PLN, terutama PLN UP3 Nias mempunyai tanggung jawab moral untuk turut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya di Kepulauan Nias. Maka melalui kegiatan praktek kerja industri, dirinya membuka kesempatan seluas-luasnya dengan para pihak yang sejalan dengan visi manajemen PLN.

“Kami punya tanggung jawab sosial dengan pihak akademis termasuk bapak-bapak yang hadir disini , dalam ikut mendorong kemajuan pendidikan di Nias ini”, pungkasnya.

Sementara itu, pihak SMKN 1 Dharmacaraka Gunungsitoli mengucapkan apresiasi mendalam terhadap komitmen dari PLN UP3 Nias melalui kegiatan tersebut. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Dharmacaraka Gunungsitoli, Drs Agusman Ghea dihadapan para peserta kegiatan. Bahkan pihaknya tidak menyangka , bahwa kegiatan penyambutan dari PLN UP3 Nias dibuat dengan sangat baik.

“Hari ini, kami tidak menyangka antusiasme dari pihak PLN yang ternyata sangat peduli dengan pendidikan di kepulauan Nias.”, ujar Agusman Ghea.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya merupakan salah satunya sekolah negeri yang mempunyai jurusan kompetensi tenaga listrik di kepulauan nias. Namun,persoalan yang dihadapi adalah kesulitan mereka dalam mengajarkan anak didik mereka, disebabkan kurang didukung dengan alat peraga yang sesuai dengan kompetensi mereka. Oleh sebab itu dirinya berharap dimasa mendatang, selain melalui kegiatan praktek kerja industri, PLN juga dapat memfasilitasi upaya mereka dalam mencerdaskan dan menguatkan kompetensi SDM anak-anak di kepulauan Nias.

Pihak SMKN 1 Dharmacaraka Gunungsitoli juga memandang bahwa manajemen PLN UP3 Nias telah memahami hubungan timbal balik antara dunia industri dan dunia pendidikan. Maka pihaknya berharap agar keberlanjutan pemahaman ini akan berlanjut dimasa-masa mendatang.

“Disini Kami tidak menuntut ke hadapan bapak manajer , hanya minta agar kerjasama ini tetap berlanjut meski kita tidak lagi diposisi masing-masing”, pungkasnya ditutup dengan senyum ramah.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama oleh bapak Revi Aldrian dari PLN UP3 Nias sebagai pihak pertama dan Bapak Agusman Ghea dari SMKN 1 Dharmacaraka sebagai pihak kedua. Diakhir, kegiatan ini ditutup dengan dokumentasi antara PLN UP3 Nias dan SMKN 1 Dharmacaraka Gunungsitoli. (Red/rls)

Iklan

Loading...
 border=