Terbaru

Pemkot Gunungsitoli Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah Kepada Masyara

Gunungsitoli – Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Kantor Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah Metode 3R ( Reduce, Reuse, Recycle) yang bertempat di Museum Pusaka Nias di balai pertemuan Bintang Laut, Selasa (04/08/2015).

Walikota Gunungsitoli, Martinus Lase dalam arahannya menyampaikan bahwa selama ini masyarakat memandang sampah sebagai barang sisa yang tidak berguna, bukan sebagai sumber daya yang perlu dimanfaatkan. Namun paradigma baru memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomi dan dapat dimanfaatkan, misalnya sebagai sumber energi, kompos, pupuk ataupun bahan baku industri.

"Penerapan prinsip 3 R dalam rumah tangga dapat dijadikan sebagai salah satu pola kepedulian akan lingkungan misalnya Reduce yaitu mengurangi produksi sampah dengan cara pemakian barang atau benda yang tidak terlalu dibutuhkan, Reuse yaitu memanfaatkan kembali benda atau barang yang sudah tidak terpakai dan Recycle yaitu mendaur ulang sampah organik dan anorganik menjadi sesuatu yang bermanfaat," ujarnya.

Martinus memaparkan bahwa manfaat yang didapat dari metode 3 R antara lain mengurangi tumpukan sampah, membantu pengolahan sampah secara dini dan cepat, menghemat biaya pengangkutan sampah ke TPA, mengurangi kebutuhan lahan sebagai tempat TPA dan menyelamatkan lingkungan dari kerusakan dan gangguan.

“Saya berharap kiranya pelatihan ini dapat menjadi momentum yang bermanfaat dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama akan lingkungan hidup, serta menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan sampah untuk dapat diterapkan, mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat," ujarnya.

Semetara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Yardius Gea dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menstimulasi dan memotivasi seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli dalam menumbuhkembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan yang dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Adapun materi pelatihan yaitu Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan 3R, dengan narasumber dari Badan Lingkungan Hidup Pemprovsu, Faisal Abrani Siregar dan Praktisi dan Penggiat Lingkungan dari Bengkel Kreasi Daur Ulang Medan, Ainun Saniah yang mendemonstrasikan berbagai macam karya pengelolaan sampah.

Peserta pelatihan diikuti oleh peserta sebanyak 92 orang yang terdiri dari perwakilan sekolah SMA dan SMK Sederajat sebanyak 2 orang dan guru pendamping 1 orang, selanjutnya peserta dari Tim PKK Kota Gunungsitoli dengan masing-masing 3 orang perwakilan kecamatan beserta beberapa SKPD terkait antara lain pegawai dari TRPK Kota Gunungsitoli dan Disperindagkop dan UMKM Kota Gunungsitoli.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Edison Ziliwu, Asisten II Genius Larosa, para pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli beserta jajarannya. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
 border=