Terbaru

Festival Nasyid Ke-V Kota Gunungsitoli Digelar

Gunungsitoli,- Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui LPPSN (Lembaga Pembinaan Pengembangan Seni Nasyid) Kota Gunungsitoli
menggelar Acara Pembukaan Festival Nasyid ke-V Kota Gunungsitoli. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli di lapangan merdeka Gunungsitoli, Rabu (05/10/2016) malam.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka mengembangkan dan membina seni dan kreatifitas generasi muda khususnya seni Nasyid di Kota Gunungsitoli, mempererat silaturrahmi antar ummat dan masyarakat Kota Gunungsitoli dan memperkokoh kehidupan sosial kemasyarakatan di Kota Gunungsitoli. 

Kegiatan lomba ini diadakan mulai tanggal 5-8 Oktober 2016 dengan diikuti oleh 20 group nasyid yang terdiri dari 8 group putera dan 12 group puteri terbaik utusan masing-masing desa dan kelurahan dan instansi yang berpartisipasi sebagai peserta. 

Ketua LPPSN Kota Gunungsitoli, H. Arham Dusky Hia yang langsung melantik Dewan Juri dalam sambutannya menyampaikan bahwa hasil dari festival ini diharapkan dapat menunjukkan keahlian di tingkat tingkat Provinsi. Ia berharap agar seluruh peserta bersaing lebih kompetitif dan menampilkan keterampilan, vokal dan prestasi yang optimal.

"Kami juga ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli yang selalu mendukung kegiatan LPPSN selama ini dan kami berharap agar pembinaan dan pengembangan seni nasyid baik group-group terbaik maupun para pelatih dan calon dewan juri di Kota Gunungsitoli kiranya terus berkelanjutan dan jika berkenan dapat ditingkatkan.

"Supaya group nasyid utusan Kota Gunungsitoli yang akan bersaing nantinya dapat menyamai perkembangan pentas seni nasyid di tingkat Provinsi pada November 2016 yang akan datang,"ucapnya.

Wakil Wali Jota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Gunungsitoli senantiasa menyambut baik kegiatan-kegiatan bernafaskan Islam seperti ini dalam rangka menciptakan warga Kota Gunungsitoli yang religius.

Ia juga memaparkan bahwa Seni nasyid merupakan upaya untuk mengembangkan gerakan pembinaan sosial kemasyarakatan dan berpengaruh positif untuk meningkatkan kebaikan dan perilaku.

"Hal ini tercermin dari setiap syair dan lirik nasyid yang mengandung nilai moral religius dan edukatif yang menggugah hati pendengar dan berpengaruh positif untuk perbaikan sikap dan tingkah laku ke arah yang lebih baik,"kata Sowa'a.

Menurut Sowa'a, seni nasyid merupakan salah satu media yang membentuk karakter generasi muda Islam dalam mengasah kemampuan dan hubungan nilai- nilai luhur islami sebagaimana yang tekandung dalam syair lagu nasyid. 

"Selain merupakan media untuk berdakwah serta wadah untuk membangun kerjasama dan kreatifitas, juga diharapkan memberikan pengaruh yang signifikan untuk mewujudkan Kota Gunungsitoli yang maju, nyaman dan berdaya saing,"ujarnya.

Mengakhiri arahannya, Wakil Walikota menyampaikan harapan kepada seluruh peserta dapat bersaing secara kompetitif dan semakin kreatif sehingga mampu menunjukkan keterampilan yang lebih unggul di tingkat yang 
Kebih tinggi nantinya yaitu di tingkat Provinsi Sumatera Utara pada November yang akan datang.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Kota Gunungsitoli, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Ketua MUI kota Gunungsitoli, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli, Ketua DWP Kota Gunungsitoli,  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias, Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli,  Pimpinan Ormas Islam se-Kota Gunungsitoli, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat se-Kota Gunungsitoli dan Pimpinan kafilah group Nasyid se-Kota Gunungsitoli. (Budi Gea)
 border=  border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara