Terbaru

Jelang Imlek 2017, Polres Nias Gelar Operasi Liong Toba

Gelar Pasukan Polres Nias
Gunungsitoli,- Menjelang perayaan Imlek 2568 tahun 2017 di Pulau Nias, Mapolres Nias menggelar Operasi Liong Toba. Operasi itu bertujuan menjaga dan mengamankan pelaksanaan rangkaian Ibadah Imlek di seluruh Vihara atau Klenteng dan Objek Vital lainnya di Wilayah Sumatera Utara khususnya di Wilayah hukum Polres Nias.

Operasi itu ditandai dengan pelaksanaan Apel Gelar Pasukan di Halaman Mapolres Nias, Kamis (26/01/2017). Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolres Nias AKBP Bazawato Zebua,SH,MH, Perwira Upacara Kasat Sabhara AKP P. Samosir, dan Komandan Upacara Ipda Sonahami Lase.

Kaporles Nias Sebagai Inspektur Upacara saat membacakan amanat Kapolda Sumut,  Irjen Pol dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si, dalam menyampaikan bahwa Apel itu dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan kita dalam melaksanakan Operasi mandiri Kewilayahan “LIONG TOBA” 2017 dalam rangka pengamanan perayaan Imlek 2017 di wilayah Sumatera Utara baik pada Aspek Personel, sarana Prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas lainnya.

"Berbagai hal tersebut sangat Potensial mengganggu Situasi keamanan di wilayah Sumut, terutama pada saat Perayaan Imlek 2017. Hal ini menjadi tantangan tugas tersendiri bagi Polda Sumut serta Stakeholder terkait, sehingga pada tahun 2017 ini untuk pertama kalinya kita melaksanakan operasi Mandiri Kewilayahan “liong toba” 2017,"kata AKBP Baza Zebua.

Pada penjelasannya, AKBP Baza Zebua mengatakan bahwa Operasi Mandiri Kewilayahan OPS Liong Toba 2017 dalam Pelaksanaannya terbagi pada 3 tahap yakni; Pengamanan perayaan Imlek pada tanggal 28 januari 2017, Pengamanan perayaan Cap Gomeh pada tanggal 12 Februari 2017 dan
Pengamanan Perayaan Ceng Beng pada tanggal 4 april 2017.

"Secara keseluruhan, Polda Sumut dan jajaran mengerahkan kekuatan Personil sebanyak 4.287,"ungkapnya.

Kapolres menguraikan sejumlah penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam Operasi Liong Toba 2017 yaitu;

1. Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam melaksanakan tugas, sehingga mampu merespon secara cepat dan tepat setiap bentuk gangguan kamtibmas yang terjadi.

2. Pelihara kondisi fisik dan mental saudara untuk dapat senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat kapan pun dan dimanapun.

3. Persiapkan dengan baik seluruh peralatan, sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan tugas.

4. Laksanakan tugas dengan penuh ikhlas serta semangat pengabdian terbaik, melalui tampilan sikap yang humanis dan simpatik, serta hindari sikap arogansi dan kesewenang-wenangan.

5. Penggelaran personel harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya, baik di tempat ibadah, tempat tinggal, jalur lalu lintas, lokasi wisata, maupun tempat – tempat lain yang berpotensi terjadi gangguan kamtibmas.

6. Lakukan tindakan Proaktif dan Aantisipatif dengan melibatkan semua fungsi kepolisian serta stake holders terkait untuk menghadapi ancaman aksi teror, sabotase dan kejahatan berkadar ancaman tinggi, serta cegah kegiatan sweeping yang dilakukan oleh pihak yang tidak berwenang.

7. Laksanakan tugas sesuai S.O.P yang berlaku serta bertindaklah secara Tegas dan Proporsional.
8. Jalin kerjasama yang Sinergis dengan Instansi terkait serta para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tokoh Aadat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat.

"Sumatera Utara ini adalah kampung halaman kita bersama keberagaman yang kita miliki merupakan miniatur Indonesia yang sangat berharga, mari kita jaga dan kelola dengan sebaik-baiknya, sehingga menjadi Mozaik yang indah dalam Kebersamaan, semoga Sumatera Utara dapat menjadi Contoh yang baik dalam hal Kerukunan Beragama bagi Provinsi lainnya di Indonesia,"ujar Kapolda Sumut.

Gelar Pasukan Operasi Liong Toba 2017 di Polres Nias diikuti oleh Seluruh Personil Polres Nias, Kasdim 0213 Nais Mayor Inf. K. Sinaga, sedangkan Pasukan terdiri dari Pasukan Polres Nias, pasukan Kodim 0213 dan Pasukan Dinas Pershubungan Kota Gunungsitoli. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
 border=