Terbaru

Gempa Bumi 4,2 SR Mengguncang Nias Barat

Pantaun gempa bumi pada BMKG 
Nias Barat,- Gempa Bumi tekronik mengguncang wilayah Kabupaten Nias Barat dan sekitarnya, Rabu (20/09/2017) tepat pukul 20:17:32 WIB.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=4.2 dengan posisi episenter pada koordinat 1,00 LU dan 97,18 BT, tepatnya di Darat pada jarak 33 km Barat Daya Nias Barat, Sumut, pada kedalaman 10 km. 

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan sementara dari Stageof Gunungsitoli, gempa bumi ini dirasakan di Sirombu Nias Barat dengan intensitas gempabumi II SIG-BMKG (II-III MMI).

"Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan,"kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan
Edison Kurniawan.

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas Zona Subduksi antara Lempeng Indo-australia dengan lempeng eurasia. 

Masyarakat dihimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi susulan dari BMKG.

"Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya dihimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,"tambahnya. (Red)

Iklan

Loading...
 border=