Terbaru

73 Tahun Menunggu, 2 Desa di Kabupaten Nias ini Kini Dialiri Listrik PLN

Peresmian Lisdes |Foto: istimewa
Nias,- Prestasi Nyata Terangi Indonesia menjadi tekad PLN dalam mencapai elektrifikasi 100% dari Sabang sampai Merauke, baik di perkotaan maupun di pelosok negeri. Hal ini dilakukan oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias Wilayah Sumut dalam komitmennya menerangi Tano Niha 100% yang dituangkan dalam MoU bersama 5 (lima) Pemkab di Pulau Nias pada tanggal 18 September 2018 lalu.


Komitmen ini juga diimplementasikan dalam membangun jaringan kelistrikan di desa-desa yang ada di Pulau Nias, salah satunya adalah Desa Somi dan Desa Somi Botogo'o yang terletak di Kecamatan Gido Kabupaten Nias. 

Desa dengan jumlah masing-masing 200 KK dan 150 KK ini resmi dapat menikmati listrik PLN setelah puluhan tahun menggunakan lampu pijar sebagai penerangan utama di malam hari.

Namun, dengan bahu-membahu antara PLN, Pemerintah Daerah, masyarakat di 2 Desa dan juga seluruh stakeholder membangun jaringan listrik, mulai dari tiang beton, hingga jaringan kabel listrik,  kini Desa Somi dan Desa Somi Botogo'o sudah dapat menikmati lampu sebagai penerangan utama untuk kehidupan sehari-hari.

Manajer UP3 Nias Evan Sirait mengatakan bahwa di tahun 2018 ada sekitar 68 desa yang akan dialiri listrik PLN dan sudah mencapai 53 % untuk progres elektrifikasi. 

"Dengan dilistrikinya Desa Somi dan Somi Botogo'o ini, maka tinggal 66 Desa lagi untuk target 2018 di Pulau Nias yang harus kami listriki." Ujarnya pada saat memberikan kata sambutan di Peresmian Listrik Desa (LISA) di Balai Desa Somi, Sabtu (27/10/2018).

Evan juga menambahkan, Prestasi Nyata Terangi Indonesia ini tidak akan tercapai tanpa adanya dukungan kuat dari seluruh stakeholder, terutama dalam memberikan kemudahan akses memasok suplai kebutuhan pembangunan jaringan listrik ke dua desa tersebut.

Acara peresmian Listrik Desa (LISA) Somi dan Somi Botogo'o ini dilaksanakan di dihadiri oleh perangkat Desa Somi, Kepala Desa, Ketua BPD dan Sekdes. 

Kepala Desa Somi mengucapkan terimakasih atas kerjasama PLN dalam menerangi Desa Somi.

"Masyarakat sangat senang sekali dan menyambut gembira hal ini. Sekarang ibu-ibu tidak susah lagi untuk memasak nasi dan anak-anak tidak gelap lagi belajar dimalam hari." Ungkapnya. (Budi Gea/rls)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara