Terbaru

Nias Utara Pamerkan Alat Musik dan Pakaian Adat di Yaahowu Nias Festival

Stand kabupaten Nias Utara di Pesta Yaahowu
Tahun 2018 |Foto: Haogô Zega
Nias Selatan,- Pemerintah Kabupaten Nias Utara Pamerkan sejumlah alat musik tradisional dan pakaian adat Nias serta kerajinan tangan di dalam stand yang disediakan panitia Yaahowu Nias Festival 2018 di Kota Teluk Dalam Nias Selatan, 16-20 November 2018. 

Sejumlah pengunjung tampak antusias melihat bahkan ada yang mencoba menggunakan pakaian adat Nias Utara yang ada dalam stand tersebut.

Adapun alat-alat tradisional Nias Utara antara yang di pamerkan dalam stand adalah Keroncong, Lesung (Lesu+Luha), Biola, Afore, Tombok (Toho), Gaolo Gai. 

Selain itu ada juga hasil kerajinan tangan Binaan Dekranasda Kabupaten Nias Utara seperti Rawa-rawa, Tampi Beras (Niru), Tikar (tufo), Bola-bola, Tapla Meja (Manik-manik), Tempat Aqua (Manik-manik), Tempat Tisu (Manik-Manik), Tas dari Kur dan Pakaian Adat Nias Utara.

Hasil sumber daya alam dari nias Utara juga turut dipamerkan seperti kekayaan laut dan bibit unggul pertanian. 

Momen Yaahowu Nias Festival 2018 menurut sekretaris daerah Nias Utara, Yafeti Nazara sangat penting bagi pemerintah Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias karena hal ini merupakan ajang promosi budaya dan pariwisata daerah serta proses multidimensional yang menyentuh dan merangkum semua aspek kehidupan masyarakat.

"Maka dinamika pembangunan daerah di Kepulauan Nias tercinta ini terutama sektor pariwisata dan kebudayaan harus dilakukan dengan pendekatan Holistic Integral dan Berkelanjutan serta terus berupaya dalam mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai kebudayaan, kesenian dan kepariwisataan supaya kepulauan Nias terus percaya diri mempromosikan dan mendapatkan potensi kepariwisataan dan kebudayaan kepulauan Nias baik disingkat daerah, provinsi dan nasional maupun dikancah internasional," ujarnya.

Ia berharap bahwa melalui Ya’ahowu Nias Festival se-Kepulauan Nias ini masyarakat semakin diperhitungkan dalam peta pariwisata nasional sehingga angka kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara semakin meningkat karena Ya’ahowu Nias Festival ini termasuk dalam 100 Wonderful Event Pariwisata Nasional Indonesia. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara