Terbaru

Pemkab Nias Optimalkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pajak dan Kepariwisataan

Bupati dan DPRD usai bahas Ranperda |Foto:
Istimewa
Nias, - Pemerintah Kabupaten Nias akan lebih mengefetifkan pelaksanaan pemungutan dan lebih mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak dan retribusi serta pembangunan Kepariwisataan di Kabupaten Nias yang dilakukan dengan terencana, terpadu dan berkesinambungan

Hal itu disampaikan oleh Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli saat menyampaikan pendapat akhir terhadap persetujuan bersama Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pada rapat Paripurna di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Nias, Gunungsitoli Selatan, Senin (14/01/2019).

"Pajak Daerah dan Retribusi Daerah merupakan sumber pendanaan yang sangat penting bagi daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat," ungkap Bupati Nias. 

Dikatakannya bahwa perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha diharapkan akan lebih mengefetifkan pelaksanaan pemungutan pajak dan retribusi daerah serta lebih mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak dan retribusi.

Selain itu, Bupati juga menyebutkan bahwa pembangunan Kepariwisataan di Kabupaten Nias harus dilakukan dengan terencana, terpadu dan berkesinambungan karena mengingat daerah Kabupaten Nias memiliki potensi-potensi pada sektor wisata yang perlu dikembangkan.

"Oleh karena itu dengan Penetapan Ranperda Kabupaten Nias tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan diharapkan akan memberi pedoman perencaanaan pembangunan kepariwisataan daerah di Kabupaten Nias yang tertata dan berkesinambungan sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Nias sebagai destinasi ekowisata yang mumpuni," harapnya. 

Berdasarkan Ranperda tersebut, Bupati Nias menyampaikan beberapa harapan kepada perangkat daerahnya

"Dengan penetapan ke 4 Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Nias ini, saya harapkan kepada Perangat Daerah terkait dapat segera mengambil langkah-langkah percepatan untuk melakukan perencanaan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Ranperda ini," ucapnya mengharapkan. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=