Terbaru

PLN Nias Lakukan Recovery Suplay Tenaga Listrik Saat Badai Melanda Pulau Nias

Mesin pembangkit listrik di Hibala yang rusak akibat angin kencang |Foto: dok wnc

Gunungsitoli,- Angin kencang dan hujan deras yang melanda pulau nias dan pulau- pulau terluar hingga pada saat ini mengakibatkan banyak jaringan listrik rusak berat. 

"Sejumlah tiang PLN pun terpantau tumbang dibeberapa lokasi akibat pohon tumbang yang menganai jaringan,"ujar Manager PT. PLN (Persero) UP3 Nias Darwin Simanjutak kepada wartanias.com, Sabtu (03/04/2021).


Menurut dia, sesuai informasi dari BMKG Gunungsitoli, cuaca extrim ini akibat Fenomena La Nina yang biasanya berlangsung aktif hingga 1 Bulan, angin kencang disertai hujan akan berlangsung hingga dua minggu kedepan. 

"Ketika La nina sudah tidak aktif maka kondisi cuaca mulai normal kembali dimana intensitas hujan bisa seminggu sekali, namun memang kondisi cuaca tetap dipengaruhi oleh faktor local," kata Darwin.

Dijelaskan David, jaringan listrik yang kena imbas cuaca eksteim ini terdapat dibebebarap lokasi seperti:

1. FK01 

 Pohon tumbang menimpa HUTM,konstruksi C1.HUTM putus 1 phs (Main Feeder). Konstruksi aman. Lokasi : Jalan arah Nias Tengah dekat Salak Madu,mengakibatkan supaly tenaga listrik ke nias tengah dan nias barat terputus.

2. GS03&GS07

  Pohon kelapa tumbang menimpa HUTM,konstruksi C1 Double Net (Main Feeder). Konstruksi rusak.Lokasi di Bouse GunungSitoli Utara, mengakibatkan suplay tenaga listrik ke gunungsitoli utara dan kab. Nias utara terputus

3. GS07

   Pohon Jati Tumbang menimpa HUTM. Konstruksi C1 dan C8 miring (Sublat Namohalu). Mengakibatkan kecamatan namohalu padam.

4. GS06

    Pohon bambu tumbang menimpa HUTM konstruksi C1 di Lateral Iranolase. Konstruksi aman. Lokasi  dan mengajibatkan :Desa Iranolase padam

5. GS02

    Pohon Karet Tumbang menimpa HUTM konstruksi C1 di Lateral Togindrawa. Konstruksi aman. Lokasi : Desa Togindrawa dan Pohon Karet Tumbang menimpa HUTM konstruksi C1 di Lateral Simpang Dara Lokasi : Desa Silimabanua. Mengakibatkan jalur dari gunungsitoli barat ke alasa terputus.

6. Pusat pembangkit listrik tenaga diesel pulau hibala rusak parah mengakibatkan suplay tenaga listrik di pulau hibala padam total.

Hingga saat ini, PLN UP3 Nias masih berusaha untuk memperbaiki titik -titik gangguan dengan menambah tim sebanyak 27 tim di seluruh Pulau Nias dan Pulau - Pulau terluar. 

"Kami berharap agar cuaca extrim ini cepat berlalu karena sangat berbahaya dan banyak jaringan listrik kita yang rusak dan kita tidak maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat," harapnya. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
 border=