Terbaru

Wali Kota Gunungsitoli: Mari Dukung Sensus Penduduk Lanjutan Pada Tahun ini


Gunungsitoli,- Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua menyampaikan bahwa Sensus Penduduk Lanjutan yang dilaksanakan oleh BPS bertujuan untuk menyediakan parameter  dan karateristik demografi Indonesia seperti tingkat kematian, tingkat kelahiran, perpindahan penduduk, disabilitas, perumahan, pendidikan dan sebagainya. 

Hal itu disampaikan Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua saat membuka acara Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Gunungsitoli di Hotel Dan Restoran Kaliki Desa Ombolata Ulu Kota Gunungsitoli, Selasa (31/05/2022) kemarin.

"Data tersebut nantinya akan dijadikan sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan Pemerintah di bidang kependudukan," ujar Lakhomizaro. 

Kegiatan sensus penduduk 2020 lanjutan menurut dia merupakan program nasional yang harus di kawal pelaksanaannya di lapangan.

Oleh karena itu pelaksanaan SP 2020 lanjutan tersebut sangat membutuhkan keterlibatan semua pihak, terutama aparat Pemerintah Kecamatan, Kepala Desa, Lurah, dan Tokoh Masyarakat yang bersentuhan langsung dengan warganya. 

"Oleh karena itu, saya menginstruksikan kepada seluruh elemen untuk memberi dukungan dalam kegiatan SP 2020 lanjutan ini,” ujar Wali Kota.

Kepala BPS Kota Gunungsitoli Sabar Alberto Harianja dalam laporannya menyampaikan bahwa pada Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan Tahun 2022 ini mengundang 101 orang Kepala Desa dan Lurah, 6 orang Camat serta perwakilan organisasi yang ada di masyarakat Kota Gunungsitoli.

“Tujuan sosialiasi adalah untuk mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dalam mensukseskan program sensus penduduk lanjutan ini. Dengan adanya sensus penduduk lanjutan ini diharapkan kita mampu memperkirakan jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk; Memperoleh data untuk penghitungan parameter demografi antara lain kelahiran, kematian, dan migrasi; Sumber data dari indikator Angka Kematian Ibu; Memperbarui data yang akan digunakan dalam penghitungan proyeksi penduduk, sehingga kita mampu menyajikan satu data kependudukan seperti harapan kita bersama kedepannya,” ujar Kepala BPS Gunungsitoli. (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=